Rabu, 17 Juni 2009

Belajar untuk selalu Mensyukuri Segala Nikmat dan Titipan-Nya

Assalamu'alaikum.wr.wb para pembaca download-bisnis.blogspot.com?

Semoga kabar teman-teman dan pembaca download-bisnis.blogspot.com semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat semuanya.Amiin. Dalam artikel Saya kali ini mungkin Saya sedikit narsis dengan photo-photo Saya, tidak apa-apa kan?? ^__^

Masih seputar PULKAM beberpa hari kemaren, mungkin ada beberapa dari teman-teman yang memesan oleh-oleh tapi tidak dapat, Saya minta maaf ya karena kemaren Saya cuma bawa oleh-olehnya sedikit. Maaf ya teman-teman, bagi yang tidak dapat oleh-oleh mungkin Saya akan kasih oleh-olehnya berupa Artikel cerita ini aja ya ^__^ . Tapi mohon maaf kalau dalam Artikel kali ini terdapat photo narsisnya. Hehehe ^__^

Seperti kita ketahui bahwa Bengkulu adalah salah satu provinsi yang masih memiliki lahan olahan atau hutan produktif yang dapat diolah sangat luas. Sehingga Provinsi Bengkulu memiliki unggulan dalam sektor Pertanian dan Perkebunan. Saat ini Perkebunan kelapa Sawit adalah salah satu komoditi unggulan dan sebagai salah satu pemasok Sumber Crude Palm Oil (CPO) Nasional. Alhamdulillah Saya diberikan titipan oleh Allah SWT untuk memiliki dan mengelolah Nikmat-Nya itu, yaitu beberapa bidang Kebun. Ini Photo-photo narsis Saya di dekat Pohon Kelapa Sawit yang sedang berbuah :






Duuhh....maklum ini pertama kalinya Saya mengunjungi perkebunan kelapa sawit, jadinya Saya langsung narsis-narsis dulu ketika sampai di kebun. Ketika melihat pohon kelapa sawit subur dan buahnya banyak, alangkah senangnya hati Saya dan Saya sangat bersyukur kepada-Nya atas nikmat yang masih diberikan-Nya. Semoga kita semua senantiasa menjadi hamba-Nya yang pandai bersyukur dan senantiasa ingat kalau disetiap Rezeki yang kita peroleh ada hak orang lain. Sehingga kita harus menyisihkan sebagian harta kita untuk mereka yang membutuhkan. Apapun bentuk dan namanya nikmat itu harus selalu kita syukuri.

Nah, teman-teman pasti pernah atau bahkan sering dan rutin mengikuti kajian setiap hari minggu di Stasiun TVONE yang diisi oleh Ustadz Muda Yusuf Mansyur. Dimana Sang Ustadz dalam setiap ceramah atau kajiannya selalu fokus pada Kekuatan Dibalik Sedekah. Saya sangat senang mengikuti acara ini dimana Sang Ustadz sering bercerita tentang kisah-kisah nyata kekuatan dari setiap bersedekah. Sungguh Allah SWT itu Maha Pemurah dan Pengasih terhadap hamba-Nya. Sebagai referensi yang berkaitan dengan Sedekah dimana Firman Allah SWT berikut ini :

"Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan Barangsiapa yang membawa perbuatan jahat Maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)". (Q.S Al An'am 6:160)



"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah(166) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui". (Q.S Al Baqarah 2:261)

Dari Firman ALlah SWT tersebut kita bisa lihat betapa Maha Pemurahnya Allah SWT, yang akan membalas Amal baik kita 10x bahkan 700x lipat. Kita ambil contoh bila Allah SWT membalas amal baik kita dengan 10x lipat saja.

Sebagai Ilustrasi :
10 - 1 = 9 , itu berdasarkan Ilmu Matematika sekolahan
Tapi dalam Ilmu Matematika Sedekah
10 - 1 = 19 , itu berdasarkan dasar bahwa Allah SWT akan membalas 10x lipat Amal baik kita

Apbila kita lanjutkan maka perhitngannya seperti ini
10 - 2 = 28
10 - 3 = 37
10 - 4 = 46
10 - 5 = 55
10 - 6 = 64
10 - 7 = 73
10 - 8 = 82
10 - 9 = 91
10 - 10 = 100





hmmm..mmm...gimana?? Wah, sungguh besar kekutan bersedekah itu ya teman-teman. Saya pernah membaca sebuah blog yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang mensedekahkan seluruh hartanya kepada Allah SWT dan kemudian dia mendapatkan lebih dari apa yang dulu ia sedekahkan. Dan ada juga kisah seorang Mahasiswa yang hidup dalam keluarga sederhana tetapi mempunyai tekad yang kuat untuk kuliah, dia mengajar ngaji dan privat untuk bisa membiayai kuliahnya, pernah suatu ketika Mahasiswa itu hanya memiliki uang yang cukup untuk makan hari itu.

Pada suatu ketika dia pulang dari mengajar ngaji karena uang yang dia punya cuma cukup untuk makan hari itu maka dia harus rela berjalan kaki untuk pulang ke rumah, ketika diperjalanan pemuda tersebut melihat seorang pengemis dan akhirnya dia mensedekahkan semua uang yang dia miliki sehingga dia tidak memiliki uang sepeser pun. Dia melihat kalau pengemis itu lebih membutuhkan uang itu, sedangkan dia hanya berharap ridha Allah atas perbuatannya itu. Tanpa disadari ketika dalam perjalanan Mahasiswa itu me
nemukan uang dijalan yang cukup untuk makannya sore itu dan tiba-tiba dia mendapatkan telephon dari salah seorang orang tua dimana anaknya diajar privat olehnya untuk mengambil segera honor ngajinya dan anehnya lagi honor yang diberikan kepadanya bahkan menjadi 2x lipat dari honor yang biasanya dia terima.
Ya Allah....sungguh besar keagungan-Mu ya Rabb...

Selain pahala yang kita dapatkan, Sedekah juga memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap mereka yang bersedekah. Mungkin bagi yang bersedekah walaupun tidak diberi nikmat langsung yang bersifat materil mungkin dia diberi nikmat-nikmat dalam bentuk lain. Contohnya ketika musim pancaroba banyak orang-orang yang sakit sehingga mengeluarkan duit untuk biaya berobat. Namun dia diberi nikmat sehat oleh Allah SWT. Dan bagi yang punya Lahan pertanian ataupun perkebunan tanpa disadari hasil panen perkebunannya meningkat dan tumbuh subur, serta banyak nikmat yang lainnya.
Ya Allah semoga kami tergolong hamba-Mu yang pandai bersyukur atas semua nikmat, rezeki yang Engkau berikan. Amiin.

Semoga bermanfaat. Terimakasih



4 komentar:

Olive Tree mengatakan...

Hi, it's a very great blog.
I could tell how much efforts you've taken on it.
Keep doing!

Unknown mengatakan...

Hi too, Olive..Thank you...
i begin create this blog from try repeatedly, and furthermore i love to create Nice blog.

Until Now I still learn about Create This blog better.

Thank you for your suppot. ^__^

kikie mengatakan...

alhamdulilah.. slalu bRsyUkur atas smua yg tlah IA berikan pd mu ya bEib...
mEmbaca stiap apa yg ndO tLs.. m'bwt asa smaKin bangga ttNg mu.. "paNdai2 bRsyuKur atas sgala sSwt n paNdai bRsedekah" ^_^

AiReaL mengatakan...

iya..Alhamdulillah...

wah, Asa Lebai dech..
biasa aja kok, Airil jG masih dlm tahapan belajar untuk sll bisa menjadi Hamba-Nya yg pandai bersyukur.
Iya...makasih buat nasehatnya ya Asa ku.. ^__^
makasih jG buat comment nya ^__^

Posting Komentar