Minggu, 07 Juni 2009

Sakit Itu Anugerah jika diSyukuri akan Terasa Nikmat



Assalamu'alaikum.wr.wb. Semua nya?

Hmm..mm..udh beberapa hari ini Saya sedang diCoba & diUji kesabarannya oleh Allah SWT dengan sakit, walaupun cuma sakit Gigi(gusi), tapi cukup menyebabkan pembengkakan pada Gusi yang membuat Saya dalam 4 hari belakangan ini mengalami Kurang Tidur dimalam harinya, karena terbangun terus akibat sakit yang mendera ^__^, kesulitan makan karena Saya sulit untuk mengunyah setiap makanan yang Saya makan akibat pembekakan Gusi yang muncul, serta Terasa "nyut-nyut" dikepala disetiap kali Gusinya mulai kumat atau meradang. Memang benar seh kata orang sakit Gigi(Gusi) itu ga enak banget (namanya sakit semuanya ga ada yang enak kaliee ^__^).

Tapi apabila kita mensyukuri dan sabar akan sakit itu justru kita akan merasakan enak bahkan Nikmatnya sakit itu. Percaya deh, buktinya saja sejak Saya sakit Saya mendapatkan beberapa kenikmatan itu,beberapa diantaranya Saya merasakan nikmatnya makan Bubur dalam 3 hari ini, Namanya aja bubur yang tanpa dikunyah & langsung ditelan, jadi ga repot-repot lagi kan buat mengunyah-ngunyah seperti saat kita sehat ^__^. Jadi itu adalah Nikamat bukan??!!


Selain itu disaat sakit Saya benar-benar mendapatkan dan merasakan perhatian lebih dari orang-orang yang Sayang kepada Saya, Sebenarnya tanpa kita sadari ketika sakit seperti Ayahanda, Bunda, Kakanda, dan anggota keluarga lainnya atau bahkan Teman-teman dekat (termasuk Dinda buat yang punya ^__^), tetangga akan menjadi LEBIH perhatian kepada kita. Dan yang paling utama ketika kita Sabar saat sakit sebenarnya kita juga mendapatkan perhatian dari-Nya. Dia selalu melihat apakah kita sebagai hambanya senantiasa Sabar dan Tabah akan setiap Cobaan yang diberikan-Nya kepada kita.

Sebagai sebuah Referensi , mungkin kita bisa baca sebuah hadist berikut ini:

“Tidaklah orang Muslim ditimpa cobaan berupa penyakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan keburukannya, sebagaimana pohon yang menggugurkan daunnya.”

(HR. Bukhari-Muslim)

Satu lagi Nikamat dari sakit yang bisa Saya dapatkan adalah, dari Sakit tersebut Saya mendapatkan betapa Nikmatnya Istirahat, maklum terkdang Saya terlalu asyik dengan aktifitas-aktifitas yang Saya jalani sehingga Saya memperlakukan Tubuh ini bak Robot, Senin sampai Jum'at Saya menjalani Rutinitas Bekerja dari Jam 07.30 - 17.00 wib. Ditambah lagi untuk Senin sampai Rabu sepulang dari Kantor langsung Tancap ke Kampus untuk mengikuti kuliah malam yang dimulai dari jam 18.30 - 21.30 wib , sampai dirumah sekitar 22.00 wib. Dihari Sabtu pagi Saya mesti Mencuci selesai mencuci langsung berangkat ke Tempat Kursus dari jam 11.00-15.00 wib. Sepulang dari tempat kursus mengangkat pakaian dan menyetrika. Wuuhh...Capeknya bukan maen bukan, tapi karena udah menjadi Rutinitas dan Ikhlas Alhamdulillah capeknya ga terlalu kerasa dan tanpa disadari jadinya Tubuh ini kurang mendapatkan perhatian. So dengan Sakit ini Saya benar-benar mendapatkan Nikmatnya Istirahat walaupun sambil menahan sakit ^__^, tapi paling ga porsi waktunya lebih banyak buat Istirahat. Itu termasuk Nikmat juga bukan ???!!! ^__^

Ada lagi nikmat dari Sakit yang Saya rasakan, dengan Sakit ini Saya jadi merenung dan menyaksikan serta tersadar kalau kita ini ga ada apa-apanya dihadapan-Nya. So kita tuh sebagai Hamba-Nya ga pantas merasa diri paling Hebat, paling Ahli, paling Kuat dan merasa Angkuh ataupun Sombong. Toh buktinya baru dikasih sakit sedikit aja kita udah seperti itu ^__^.

Jadi, Alhamdulillah ya Allah..Engkau telah memberikan sakit kepada Saya. Mudah-mudahan dari sakit ini bisa menghapus segala dosa-dosa Hamba, menjadikan Hamba tergolong Hamba-Mu yang sabar serta Tidak Sombong dan senantiasa pandai memanfaatkan waktu sehat Hamba untuk semakin banyak beribadah kepada-Mu. Amin.

Teman-Temanku dari Artikel Saya diatas mungkin kita dapat menarik beberapa Hikmah dari Sakit itu sendiri:
1. Sakit itu kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk menghapus dosa-dosa kita apabila kita sabar, tabah dan ikhlas.
2. Sakit itu pendidikan, karena dengan sakit kita benar-benar tersadar alangkah berharganya nikmat Kesehatan itu.
3. Sakit adalah memberikan kesempatan kepada kita untuk beristirahat.
4. Sakit itu meningkatkan rasa kekeluargaan, misalnya kita dijenguk sama Saudara, tetangga dan kerabat.
5. Sakit itu Teguran atas kesombongan dan keangkuhan kita. ^__^


Satu lagi sebagai penutup, Kalau kita sakit bukan berarti kita Pasrah, menjadi malas bahkan tidak mau berusaha untuk Sehat. Tapi kita juga wajib ikhtiar atau berusaha untuk Sehat dan pastinya harus semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Biar Complete kita juga mesti memohon(berdo'a) kepada-Nya.

Sebagai contoh: Saya pas hari minggu kemaren, ternyata Obat yang Saya makan udah habis dan Sakit Saya belum Sembuh juga. Akhirnya Saya sambil menahan sakit, badan yang rada hangat, dan cuaca siang yang panas keluar Kost untuk menbeli Obat di Apotik. Karena hari Minggu jadi banyak Apotik yang Tutup. Saya berjalan sepanjang Jalan Raya Otista dan ternyata tidak ada satupun yang buka dan akhirnya Saya naik angkot dan mendapatkan sebuah Apotik diDaerah PGC ^__^. "Alhamdulillah akhirnya dapat juga", ucap saya dalam hati. Memang Semangat untuk sembuh Saya sangat tinggi hehehe ^__^

Terimakasih. Semoga Bermanfaat. Amin

4 komentar:

Erikson Bin Asli Aziz mengatakan...

ril.. semoga lekas sembuh yo.. :) sabar b ril,yakin insyaALLAH ado hikmahnyo.. hehehe, amin..

Unknown mengatakan...

Terimokasih ye Son atas Do'a nyo,..
Amiinn

kikie mengatakan...

stiap yg trjadi pSt ada hiKmahnya..
ktika ujian mLanda, ituLah caRa Allah mngiNgatkn hambanya agar tak melupakn btapa iNdahnya Nikmat Sehat.. n ituLah cara Allah tO mEngguguRkan daun2 dOsa Qta!!
smOga Allah sEnantiasa mNjaga ht n diRimu tO slalu kUat, tabah n iKhlas.. ^_^

AiReaL mengatakan...

^__^ hhmm..mmm....Makasih ya Asa ku atas Comment nya...wah, mesti banyak-banyak berguru lagi nech sm Bu Guru satu ini.. ^__^

Iya, Asa benar sekali...
Amiiin....

Posting Komentar